Berita  

Tingkatkan Produksi Padi Daerah, Ganjar Bakal Edarkan Benih Unggulan Di Jateng

Tingkatkan Produksi Padi Daerah, Ganjar Bakal Edarkan Benih Unggulan Di Jateng

mediamitrahukumbhatangkara.com SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong benih beras varietas Rojolele Srinuk segera diedarkan untuk meningkatkan produksi padi daerah. Beras Rojolele Srinuk merupakan produk pangan unggulan Jateng asal Klaten, yang dikenal memiliki kualitas premium.

“Jadi benih Srinuk yang bagus itu segera diedarkan. Kalau itu masuk dalam kategori yang unggul dan menarik, kenapa tidak untuk kita pakai,” kata Ganjar, seusai Rapat Koordinasi Evaluasi Produk Tanaman Pangan dan Hortikultura, di Kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, Ungaran, Kabupaten Semarang, Selasa (14/2/2023).

Ditambahkan, varietas Rojolele Srinuk telah dikembangkan Pemkab Klaten, bekerja sama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan). Benih beras Rojolele Srinuk memiliki berbagai keunggulan. Di antaranya, masa panen yang cenderung singkat dan tahan penyakit. Selain itu, juga memiliki keunggulan rasa dan tekstur yang pulen.

Baca Juga  KAPOLSEK CIKAUM BERSAMA KANIT PROVOS SAMBANGI RUMAH KETUA RW

Ganjar mengatakan, Indonesia harus punya benih unggul untuk membantu meningkatkan produktivitas padi daerah. Ganjar mendorong Kementerian Pertanian (Kementan) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), bersama-sama menciptakan benih padi yang bagus.

“Kami coba dorong, umpama ada banyak lembaga riset yang ada di Kementerian Pertanian, cukup banyak, ada BRIN yuk kita bikin benih unggul. Indonesia untuk tanaman pangan harus punya benih unggul sendiri,” kata Ganjar.

Penulis: Biro patiEditor: Novia