Berita  

Sebanyak Ratusan Personel Polres Demak Amankan Tradisi Syawalan Atau Kupatan

Sebanyak Ratusan Personel Polres Demak Amankan Tradisi Syawalan Atau Kupatan

mediamitrahukumbhayangkara.com

Demak – Ratusan personel Polres Demak bersiaga di berbagai objek wisata. Pengawasan ketat bersama TNI, Dishub, Satpol PP dan Linmas ini dilakukan dalam kegiatan tradisi Syawalan atau Kupatan di Kabupaten Demak.

Sebanyak 110 personel Polres Demak bersiaga untuk pengamanan seluruh objek wisata dalam tradisi Syawalan yang digelar sepekan setelah Lebaran di Kabupaten Demak.

“Kami terjunkan 110 personel untuk pengamanan seluruh objek wisata yang ada di Kabupaten Demak. Tujuannya agar pengunjung merasa aman dan nyaman saat Syawalan,” kata AKBP Budi Adhy Buono, Sabtu (29/4/2023).

Tempat tradisi Syawalan yang menjadi populer di kalangan masyarakat Demak dan sekitarnya yakni sedekah laut berupa larung sesaji yang dilakukan oleh para nelayan di Pelabuhan Perikanan Pantai Morodemak, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak.

Baca Juga  Kurang Pengawasan, SPBU Di Cilalawi Sukatani Lama Tak Beroperasi, Respon Hiswana Migas Lamban

“Tujuan dari tradisi sedekah laut sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, serta bentuk ikhtiar para nelayan dengan harapan mendapat keberkahan limpahan rezeki dan keselamatan. Maka dari itu, banyak warga lokal maupun luar daerah hadir dalam tradisi yang sudah berlangsung selama ratusan tahun tersebut,” ungkapnya.

Selain tradisi sedekah laut, di wilayah Demak sendiri, tradisi Syawalan digelar disejumlah tempat, yakni Pantai Onggojoyo di Kecamatan Wedung, Pantai Morosari di Kecamatan Sayung, objek wisata Degega di Kecamatan Mijen serta Pantai Glagahwangi di Kecamatan Karangtengah.

Penulis: Biro Pati Editor: Novia