Berita  

Ridwan Purnawirawan Polisi RI, Jadi Tukang Kebersihan Pemakaman Umum Di Desa Depok Secara Sukarela

Ridwan Purnawirawan Polisi RI, Jadi Tukang Kebersihan Pemakaman Umum Di Desa Depok Secara Sukarela

Purwakarta 25/05/23
mediamitrahukumbhayangkara.com


Selama ini pemakaman umum selalu identik dengan kesan kotor, tidak terawat bahkan dianggap sebagai lokasi yang angker untuk dikunjungi.

Tapi tidak dengan pemakaman umum yang tepatnya di kampung Cijeler Desa Depok Kecamatan Darangdan, ketika memasuki area makam sudah tidak lagi ada semak belukar bahkan hanya terlihat pemakaman yang bersih dan terawat serta tidak mempunyai kesan angker.

Hal tersebut tidak terlepas dari campur tangan penjaga makam Ridwan Purnawirawan Polisi RI yang secara sukarela merawat dan membersihkan area makam dari segala macam kotoran.

Dengan usianya yang sudah mulai menua kurang lebih sudah tiga tahun menjadi penjaga dan perawat makam.

Baca Juga  Milad AOB ke -11 ditutup dengan Deklarasi Pemilu Damai 2024

Dari tahun 2018 Ridwan sudah mulai aktf seorang diri membersihkan makam tersebut.

Berawal dari kebiasaan beliuan tersebut, membuat tergerak hatinya untuk melakukan kegitan mulia ini secara terus menerus walaupun tidak mendapatkan imbalan jasa apapun dari akftivitas yang dilakukanya selama ini.

Saat diwawancarai dan dipertanyakan tentang imbalan jasa beliua hanya tersenyum, Ridwan mengatakan “hanya orang-orang yang punya hati nurani yang mengulurkan bantuan ketika datang berkunjung atau ziarah ke pemakaman ini.

“Terkadang saya jalankan kotak amal untuk masyarakat yang keluarganya dimakamkan ditempat ini, uang hasil Kotak amal pun saya pakai untuk kebutuhan makam.

Penulis: M Sulaiman Editor: Novia