Berita  

Polres Jepara Terjunkan Ratusan Personel Guna Amankan Festival Lomban Kupat Lepet Tahun 2023

Polres Jepara Terjunkan Ratusan Personel Guna Amankan Festival Lomban Kupat Lepet Tahun 2023

mediamitrahukumbhayangkara.com

Jepara – Hari ini telah berlangsung upacara prosesi larungan kepala kerbau dalam rangka Sedekah Laut/Pesta Lomban dan dilanjutkan dengan puncak acara yakni Festival Kupat Lepet Pesta Lomban 2023 di Pantai Kartini Kabupaten Jepara. Sabtu (29/04/2023).

Dimana kegiatan rutin tahunan tersebut merupakan tradisi masyarakat Jepara sebagai simbol rasa syukur dari para nelayan Kabupaten Jepara atas limpahan rejeki serta doa agar mendapatkan perlindungan keselamatan kepada Allah SWT.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta, ATD. S.H. MM, Kapolres Jepara AKBP Warsono, S.H. S.I.K. M.H., Dandim 0719/Jepara Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq, S.I.P., Ketua DPRD Jepara Haizul Ma’arif, S.H., Hakim PA Jepara Zaenal Arifin, S.Ag, Hakim PN Jepara Tri Sugondo, S.H., Sekda Jepara Edy Sujatmiko, S.Sos. M.H. MM., Unsur Pimpinan OPD Jepara, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Jepara Soediyatno, Unsur Muspika Kota Jepara, Camat se-Kabupaten Jepara dan masyarakat yang mengikuti prosesi lomban sekitar 1000 orang.

Baca Juga  Pengisian Perades Secara Mandiri Di Blora

“Dalam sambutannya, Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta mengungkapkan bahwa pesta lomban dan festival kupat lepet merupakan upaya kita untuk nguri-uri tradisi yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita. Kegiatan tradisi ini juga berfungsi untuk membentuk ketahanan budaya dalam rangka membentengi budaya dan kearifan lokal Jepara dari pengaruh budaya asing yang tidak sesuai.

Penulis: Biro Pati Editor: Novia