Berita  

Pemekaran Kabupaten/Kota Harapan Masyarakat Jawa Barat(Narasi yang Menginformasi) Oleh :Budiyanto, S.Pi

Pemekaran Kabupaten/Kota Harapan Masyarakat Jawa Barat(Narasi yang Menginformasi) Oleh :Budiyanto, S.Pi

Jawa Barat-Mitra Hukum Bhayangkara

Sejak tahun 2020, Gubernur Jawa Barat telah melakukan langkah kongkret dengan merealisasikan salah satu janji politiknya yaitu mendorong Pemekaran beberapa Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Bersama elemen legislatif, telah melakukan keputusan strategis melalui Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jawa Barat mensepakati dan menyetujui Pemekaran 9 Kabupaten Calon Daerah Otonomi Baru di Jawa Barat.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistika, Jawa Barat dalam Angka tahun 2023, Jawa Barat masih bertahan sebagai provinsi yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 49.405.810 jiwa setara lebih banyak dari jumlah penduduk negara Spanyol di Eropa bahkan lebih banyak dari negara yang wilayahnya sangat luas seperti Arab Saudi di Timur Tengah dan Argentina di Benua Amerika Latin, bahkan jauh lebih banyak dari negera seluas Benua Australia yang penduduknya hanya 26,3-juta jiwa.

Baca Juga  Salah Satu Warga Dukuh Cangkringan Menduga, Pekerjaan Proyek JUT, Tidak Sesuai Harapan.

Dari sisi geografis, Jawa Barat bukan hanya sebagai provinsi yang menopang Ibukota Negara, tetapi juga wilayah yang memiliki kekayaan sumberdaya alam hayati yang sangat memiliki nilai ekonomis dan manfaat yang sangat luar biasa, seperti halnya migas di Gunung Kamojang, Darajat dan potensi baru yang sedang dikembangkan dan masih pro dan kontra di Gunung Pangrango Cianjur. Kilang minyak sepanjang jalur pantai utara mulai Babelan Kabupaten Bekasi, Cilamaya Karawang dan Balongan di Indramayu perbatasan Cirebon.

Penulis: Redaksi Editor: Admin