Berita  

Nahdlatul Ulama Muhammadiyah Dan Pemerintah Tetapkan Puasa Pertama Dihari Kamis

Nahdlatul Ulama Muhammadiyah Dan Pemerintah Tetapkan Puasa Pertama Dihari Kamis

Bekasi-Mitra Hukum Bhayangkara

Pada penentuan awal puasa Nahdlatul Ulama dan Pemerintah juga Muhammadiyah menentukan awal 1 Ramadhan 1444 Hijriah, awal mulainya puasa Pada Hari Kamis.

Dilansir dari laman NU Online, Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) baru akan menggelar rukyatul hilal hari ini, untuk menentukan 1 Ramadhan 1444 H dan awal dimulainya puasa.

Rukyatul hilal akan dilakukan di seluruh Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah. Hasil observasi dari seluruh titik pengamatan akan dilaporkan kepada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), kemudian akan disampaikan pada forum Sidang Isbat Kementerian Agama RI.

Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1444 Hijriah/2023 Masehi jatuh pada hari Kamis, 23 Maret 2023. Penetapan ini didasarkan pada keputusan Sidang Isbat (Penetapan) Awal Ramadan 1444 H yang dipimpin Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, di Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta, Rabu (22/03/2023).

Baca Juga  Derasnya Hujan dan Petir, Mengakibatkan Pohon Tumbang di Kecamatan Jati

Sama halnya dengan Jadwal puasa Ramadhan menurut Muhammadiyah didasarkan dari hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani Majlis tarjih dan tajdid pimpinan pusat Muhammadiyah jadwal mulainya puasa Ramadhan 1444 H/2023 M yang bertepatan pada Kamis,23 Maret 2023, maklumat PP Muhammadiyah Nomor 1/MLM/1.0/E/2023 tentang penetapan hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah 1444 Hijriah yang diterbitkan pekan lalu.

Penulis: Redaksi Editor: Admin