Berita  

Menjaga Kerukunan dan Keutuhan Untuk Menciptakan Suasana Yang Kondusif

Menjaga Kerukunan dan Keutuhan Untuk Menciptakan Suasana Yang Kondusif

Blora – mediamitrahukumbhayangkara.com Kegiatan Upacara Hari lahir Pancasila Tahun 2023 tingkat Kabupaten Blora di halaman Sekretaris Daerah ( Sekda) berlangsung Khidmat pada Hari Kamis (1-6-2023).

Bupati Blora, H. Arief Rohman bertindak sebagai inspektur upacara, sementara peserta upacara terdiri Forkopimda, Pimpinan OPD, TNI/Polri, pelajar Osis, pramuka dan ASN Dinas Pendidikan Kabupaten Blora.

Dalam rangkaian upacara tersebut, Bupati Arief membacakan amanat dari presiden RI, Joko Widodo.

Dimana tema yang diangkat Tahun ini, “Gotong Royong Membangun Peradaban Dan Pertumbuhan Global”.

Dalam sambutannya, presiden Joko Widodo menjelaskan, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara.

Baca Juga  Lima Jabatan Perwira di Polres Kebumen Diserahterimakan

Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai “bintang penuntun” (leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus nasional, untuk itu sudah selayaknya kita semua Bangsa Indonesia mengaktualisasikan Pancasila, sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Penulis: Himawan Editor: Novia