Berita  

Melihat Semangat Kebhinekaan Dan Nasionalisme Pada Upacara Peringatan Hardiknas Bersama Ganjar Pranowo

Melihat Semangat Kebhinekaan Dan Nasionalisme Pada Upacara Peringatan Hardiknas Bersama Ganjar Pranowo

mediamitrahukumbhayangkara.com

SEMARANG – Semangat kebhinekaan dan nasionalisme tampak begitu terasa saat pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional tingkat Provinsi Jawa Tengah, Selasa (2/5/2023).

Petugas dan peserta upacara pagi itu mengenakan beragam pakaian adat nusantara. Begitu pula dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai inspektur upacara, tampak mengenakan pakaian adat Jawa.

“Sekarang kami pakai baju adat, karena Kamis kemarin saya pakai adat nusantara ini, saya kembali pakai baju adat Jawa,” ujar Ganjar usai upacara.

Tidak ada pesan khusus yang ingin disampaikan Ganjar dengan mengenakan pakaian adat Jawa tersebut. Namun, penggunaan pakaian adat kali ini menunjukkan betapa kaya Indonesia atas budaya.

“Iya, tidak ada pesan khusus,” paparnya.

Baca Juga  Persiapan MTQ 2023 kecamatan karang bahagia Bekasi melakukan persiapan Pembinaan Kafilah

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Uswatun Hasanah menuturkan bahwa penggunaan pakaian adat menandakan semangat kebersamaan.

“Kita semakin mengenal pakaian adat nusantara. Kali ini saya pakai baju adat Batak,” katanya.

Penggunaan baju adat sebenarnya sudah diberlakukan bagi ASN Provinsi Jawa Tengah. Yakni tertuang dalam surat edaran (SE) Nomor 065/0016031/2019, pegawai dan karyawan Pemprov Jateng wajib mengenakan pakaian adat Jawa pada Kamis pekan pertama hingga ketiga, dan pakaian adat nusantara pada Kamis pekan terakhir.

Sebenarnya, kebijakan mengenakan pakaian adat sudah diwajibkan sejak lama. Namun, kewajiban mengenakan pakaian adat oleh pegawai dan karyawan Pemprov Jateng hanya diberlakukan sebulan sekali, yakni setiap tanggal 15.

Penulis: Biro Pati Editor: Novia