Berita  

Melalui Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Danramil Pancur Bacakan Amanat Panglima TNI

Melalui Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Danramil Pancur Bacakan Amanat Panglima TNI

Rembang- mediamitrahukumbhayangkara.com

Gelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 1 Juni 2023 di halaman Makodim 0720/Rembang, Danramil 07/Pancur Kodim 0720/Rembang Kapten Inf Wardiyana selaku Inspektur upacara bacakan amanat dari Panglima Tentara Nasional Indonesia Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. Kamis,(01/06/2023).

Dalam amanatnya Panglima TNI Laksamana TNI
Yudo Margono, S.E., M.M. menyampaikan Pancasila merupakan dasar negara serta
landasan ideologi bagi Bangsa Indonesia.

Setiap nilai luhur yang terkandung di dalamnya telah menjadi dasar hidup bernegara sejak konsep Pancasila diperkenalkan oleh Soekarno pada 1 Juni 1945.

Setelah melalui proses diskusi yang
mendalam, para founding father selanjutnya menyetujui Pancasila sebagai dasar negara yang sah serta dicantumkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Baca Juga  Giat Rutin Unit Samapta Polsek Binong Laksanakan Patroli Kontrol Obvit Di Wilkum Polsek Binong

Peringatan hari lahir Pancasila merupakan
momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia.

Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berperilaku dalam kehidupan
bermasyarakat.

Tema peringatan hari lahir Pancasila kali ini juga sangat relevan dengan tantangan dan situasi yang sedang dihadapi oleh segenap Bangsa Indonesia yakni “gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.” Tema ini
merupakan pengingat bagi kita semua betapa pentingnya semangat gotong royong untuk memajukan bangsa.