Berita  

Legenda Sejarah Makam Sunan Pojok Yang Berada Di Selatan Alun Alun Blora

Legenda Sejarah Makam Sunan Pojok Yang Berada Di Selatan Alun Alun Blora

Blora- mediamitrahukimbhayangkara.com Untuk saat ini yang diakui sebagai Bupati Pertama Blora yakni Tumenggung Wilatikto.

Tapi tahukah anda apa kaitan Blora dengan Makam Sunan Pojok terletak di jantung Kota Blora, tempatnya di sebelah Selatan alun-alun Kota Blora.

Dari data-data yang diperoleh bahwa makam Sunan Pojok adalah makam Surobahu Abdul Rohim, ia adalah seorang Perwira di Mataram yang telah berhasil memadamkan kerusuhan di pesisir utara di Tuban.

Sekembalinya dari Tuban jatuh sakit dan meninggal dunia di Desa Pojok Blora.

Pangeran Surobahu Abdul Rohim dikenal pula dengan sebutan Pangeran Pojok, makam tersebut sampai sekarang masih dipelihara dan dihormati oleh masyarakat.

Kemudian karen jasanya , maka puteranya yang bernama Jaya Dipa diangkat menjadi Bupati Blora yang pertama dinasti Surobahu Abdul Rohim , setelah wafat digantikan putranya Jaya Wirya dan kemudian Jaya Kusuma yang keduanya setelah wafat dimakamkan di lokasi makam Pangeran Pojok Kauman.

Baca Juga  Pelaku Pencurian Sepeda Motor Milik Tetangga Sendiri Di Sarang Berhasil Diciduk Sat Reskrim Polres Rembang

Bila ini diakui maka memungkinkan berdirinya kota Blora dapat berubah seiring banyaknya penemuan sejarah dan kemajuan tehnologi.

Makam ini sering dikunjungi oleh masyarakat dalam dan luar kota terutama malam Jumat Pon, dan pada Bulan Suro diadakan Khol yang dihadiri peziarah dari berbagai wilayah di Blora.

Dari cerita yang berkembang di masyarakat, konon makam Sunan Pojok masih menunjukan kharismanya hingga saat ini.

Penulis: Himawan Editor: Novia