Berita  

Desa Kumendung Motoh Punya Gawe,Kirap Budaya Krayan Tirto Aji

Desa Kumendung Motoh Punya Gawe,Kirap Budaya Krayan Tirto Aji

Rembang – mediamitrahukumbhayangkara.com Nguri-uri Tradisi Budaya Jawa ,Warga desa Kumendung Adakan kirab Krayan Tirto Aji atau napas tilas Sumur mata air suci yang berpusat di sumber mata air Anjasmoro.
Kirab budaya di laksanakan pada hari Sabtu 2 September 2023 .

Menguri – uri tradisi budaya desa Kumendung dengan slogan Kumendung Matoh yang di padu dengan melestarikan budaya, tradisi sejarah asal muasal desa Kumendung dan sumber mata tujuh sumur yang di percaya sebagai mata air simbol kelestarian desa Kumendung sejak dahulu .

Kirap budaya kali ini di adakan sangat meriah yang di ikuti oleh seluruh warga masyarakat desa Kumendung .
Kepala desa Kumendung Dwi Handayani menyampaikan ,” Jika kirab Krayan Tirto Aji desa Kumendung Matoh akan selalu di adakan setiap tahunnya karena sebagai wujud syukur kepada Allah SWT agar desa dan warga masyarakat selalu makmur pangan , tentram gemah ripah lohjinawe .
Kirab Krayan Tirto Aji desa Kumendung selalu identik dengan pakaian adat Jawa dan juga Krayan tumpengan sebagai rasa syukur.
Air sumur Anjasmoro juga di percaya sebagai air sangat bermanfaat untuk warga desa Kumendung, ” papar kades yang lebih di kenal namanya dengan mbak Wiwik.

Baca Juga  Kaya Akan Pengalaman Politik Selama 5 Tahun H Atta Suryadi, SH.: Memimpin Perubahan Untuk Provinsi Jawa Barat Yang Lebih Baik

Pelaksanaan kirab Napak tilas tersebut juga bertepatan dengan peringatan HUT RI Ke- 78 tahun .
Kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Camat Rembang, Danramil dan Sekdin Budpar kabupaten Rembang.
Di acara tersebut di gelar do’a bersama ,Krayan gunungan atau tumpang dan di iringi juga dengan tari Orek-Orek khas Rembang yang di tarikan oleh anak-anak desa Kumendung Matoh, yang sebelumnya telah melakukan kirap dengan berkeliling desa dan melakukan ritual di tujuh mata air di desa Kumendung dan berakhir di Sumur Anjasmoro.