Berita  

Bupati Nabire Hadiri Rapat Musyawarah Perekrutan Bakal Calon MRP

Bupati Nabire Hadiri Rapat Musyawarah Perekrutan Bakal Calon MRP

Nabire, Papua Tengah- Bupati Nabire Mesak Magai, hadiri rapat musyawarah perekrutan bakal calon Majelis Rakyat Papua (MRP), wakil perempuan wilayah adat 6 suku kabupaten Nabire provinsi Papua tengah, periode 2023 – 2028, di pantai kalibobo Nabire, Papua tengah. (01/05/23)

Dalam Musyawarah yang diinisiasi oleh Aliansi Perempuan Nabire (APN), tersebut juga dihadiri oleh sekda nabire, anggota DPRD Nabire, tokoh adat, tokoh perempuan dan tamu undangan lainnya.

Sesuai fungsinya, Majelis Rakyat Papua (MRP) merupakan representasi kultural orang asli Papua, yang memiliki wewenang tertentu dalam rangka perlindungan hak-hak orang asli Papua dengan berlandaskan pada penghormatan terhadap adat dan budaya, pemberdayaan perempuan, dan pemantapan kerukunan hidup beragama. (Pasal 1 huruf g UU 21/2001).

Baca Juga  Polres Nabire Dalami Kasus Penemuan Mayat Di Perumahan Dokter

Selain itu Status Majelis Rakyat Papua (MRP) sebagai salah satu dari “Tri Tunggal” penyelenggaran Pemerintahan Daerah Otonomi Khusus di Provinsi Papua (Bab V UU 21/2001); dan kedudukannya sebagai perwakilan kultural orang asli Papua yang terdiri atas wakil-wakil adat, wakil-wakil agama,dan wakil-wakil perempuan [Pasal 19 ayat (1) UU 21/2001].

Penulis: Syarifuddin Editor: Novia