Berita  

Bila Partai Jeli, Maka Mereka Akan Mendukung Calon Yang Paling Dikehendaki Rakyat

Bila Partai Jeli, Maka Mereka Akan Mendukung Calon Yang Paling Dikehendaki Rakyat

Semarang- mediamitrahukumbhayangkara.com

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati, menepati janjinya menyampaikan rekomendasi capres yang akan diusung PDIP. Tanpa berpanjang-lebar Megawati menunjuk atau tepatnya menugaskan Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden pada perhelatan pilpres 2024 tahun depan. Keputusan ini sebenarnya sudah diduga banyak orang sehingga tidak terlalu surprise.

Namun begitu, keputusan ini akan merombak konstelasi koalisi politik menjelang 2024. Partai politik dan koalisi partai lain juga sebenarnya sudah mengantisipasinya dengan tidak terburu-buru menetapkan capresnya, kecuali koalisi Perubahan. Karena sebagaimana diketahui sosok Ganjar adalah calon kuat versi survey.

Sudah barang tentu partai lain mencoba untuk lebih mendekat kepada “calon kuat” terlebih dari “partai kuat”.

Baca Juga  Satreskrim Polres Jepara Berhasil Ungkap Kasus Berdagangan Orang , Ada 13 Orang Jadi Korban

Ini pilihan logis yang memang pragmatis. Partai tidak harus capek mengeluarkan dana besar dan tenaga banyak untuk ikutan berkuasa. Cukup ikut gerbong kepada calon yang memiliki peluang menang yang tinggi.

Buat apa mendukung calon yang lemah atau memiliki peluang kecil? Mungkin saja partai atau koalisi partai sudah akan menebak bahwa Ganjar yang dipilih Megawati. Andai bukan Ganjar, misal Puan, maka nama itu tidak terlalu dipikirkan

Pasti sedari awal partai dan koalisi partai sudah akan mengusung calon masing-masing, karena peluangnya sama, bahkan mungkin bisa lebih besar ketimbang PDIP yang mengusung Puan, misalnya. Untuk itu, terutama koalisi pemerintah (KIB dan KKIR) belum menetapkan siapa capres, kecuali Gerindra sepihak menetapkan Prabowo sebagai calon. Itu pun belum ada deklarasi oleh mitra koalisinya, yakni PKB, KIB masih bersikap tegak lurus Jokowi.

Penulis: Himawan Editor: Novia