Berita  

Akibat Longsor Akses Jalan Temanggung-Semarang Di Tutup

Akibat Longsor Akses Jalan Temanggung-Semarang Di Tutup

Temanggung – mediamitrahukumbhayangkara.com Musibah tanah longsor kembali terjadi di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah pada Jumat (5/5/2023) malam. Material longsor berupa lumpur dan batu menutup akses jalan alternatif Temanggung-Semarang, tepatnya di Desa Kalimanggis, Kecamatan Kaloran.

“Kejadian tanah longsor ini adalah sudah kejadian untuk kedua kali di tahun 2023, yang pertama di bulan Januari dan hari ini di lokasi bersebelahan,” kata Kepala Bagian Operasional, Polres Temanggung, Kompol Yanu Fajar.

Ia mengatakan, tebing setinggi 30 meter dan panjang 10 meter ini longsor akibat tidak kuat menahan air hujan yang mengguyur kawasan itu sejak Jumat siang.

“Bencana tanah longsor di wilayah itu memang sering terjadi apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Kali ini material longsor yang menutup jalan setebal satu meter,” imbuhnya.

Baca Juga  Partai PERINDO Program UMKM Akan Selalu Menjadi Program Andalan,Dan Sosialisasi Dengan Membersihkan Kali

Hingga Jumat malam, petugas dari TNI, Polri dan BPBD berupaya mengevakuasi material longsor yang menutup jalan secara manual. Sementara untuk arus lalu lintas, petugas melakukan pengalihan arus bagi kendaraan roda empat. Sedangkan roda dua masih bisa melintas, meski harus ekstra hati-hati.

“Setelah kejadian dan jalan tidak bisa dilewati, kami langsung berupaya untuk pengalihan arus bagi roda empat yang mau melintas ke Sumowono, yaitu kami tempatkan personel lalu lintas di perempatan Geneng dan pertigaan Mengor, Kaloran supaya warga dan masyarakat yang akan menuju ke Sumowono tidak naik dan kita alihkan melalui jalur alternatif di Kecamatan Kranggan, maupun Kota Temanggung,” katanya.

Penulis: Tanti Editor: Novia